Wednesday, February 20, 2008

21 FEBRUARI 2008

JAKARTA 21 FEBRUARI 2008

FKUI Gelar Acara SENIOR KITA, Anugerah Almamater, Seminar Psikologi Pendidikan dan Tumpengan Akbar

(RACHMAD YULIADI NASIR, rbacakoran at yahoo dot com)
INDEPENDENT-Fakultas Kedokteran UI mengadakan serangkaian acara untuk menyambut perayaan Dies Natalis UI ke-58 tingkat Fakultas Kedokteran. Selasa, 19 Februari 2008 bertempat di Aula FKUI digelar acara ”Senior Kita”, Anugerah Almamater, Pemberian Hadiah untuk Pemenang Acara Gelar Karya dan Kreatifitas Seni, Seminar ”Menapis Status Psikologi Calon Mahasiswa FKUI untuk menjadi Dokter yang Baik” dan sebagai acara puncak gelaran acara Tumpengan Akbar dilaksanakan di Lobby Atas FKUI.




dr. Med. Muzakir Tanzil, SpM dinobatkan sebagai ”Senior Kita”, tentu saja karena dedikasinya terhadap Fakultas Kedokteran UI terutama dalam pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) FKUI 2005. Pada kesempatan ini juga diberikan kepada intitusi maupun perorangan yang telah memberikan kontribusi besar bagi pengembangan FKUI yakni partisipasi sangat aktif selama empat tahun masa transformasi dalam pelaksanaan rencana strategis (RENSTRA) FKUI 2000-2010. Anugerah Almamater diberikan kepada staf akademik, staf administrasi serta kelompok kerja terbaik di lingkungan FKUI yang salah satu indikasinya adalah realisasi Rencana Kerja Awal Tahun (RKAT).
Pemberian Hadiah untuk Pemenang Lomba Gelar Karya dan Kreatifitas Seni juga dilaksanakan dalam kesempatan ini. Meski acara Gelar Karya sudah berlangsung pada tanggal 21-23 Januari 2008 namun para peserta dan undangan tetap antusias, bahkan para pemenang pun tampil memeriahkan acara, mulai dari paduan suara Departemen ilmu Kesehatan Anak hingga nyanyi solo dari Departemen Ilmu Penyakit Dalam. Seminar Psikologi Kedokteran yang bertema ”Menapis Status Psikologi Calon Mahasiswa FKUI untuk menjadi Dokter yang Baik” disampaikan oleh Dr. Rudolf. W. Matindas melengkapi perayaan acara Dies Natalis.
Menjelang makan siang, para undangan yang terdiri dari seluruh civitas akademika FKUI memenuhi lobby atas untuk mengikuti acara puncak, yakni Tumpengan Akbar. Prof. dr. Menaldi Rasmin, SpP(K), FCCP selaku Dekan FKUI menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh undangan yang telah memberikan sumbangsih begitu besar bagi perkembangan FKUI serta kepada Panitia Dies Natalis, ILUNI 1983 yang telah berhasil membuat perayaan Dies Natalis ini begitu semarak dan meriah. Acara siang itu diakhiri dengan makan siang bersama diringi alunan musik.

Daftar Peraih Penghargaan :
- dr. Med. Muzakir Tanzil, SpM (SENIOR KITA)
- PPKM (Perkumpulan Penyantun Kesejahteraan Mahasiswa) FKUI periode 2004-2007 untuk Pengembangan Sarana Belajar serta Aktivitas Kemahasiswaan
- RS Pusat Jantung Nasional Harapan Kita untuk Penamaan Logo FKUI
- Dr. dr. Siti Fadillah Supari, SpJP (K) untuk Persetujuan Ijin Pembangunan RS Akademik Universitas Indonesia
- Drs. H. Paskah Suzetta, MBA untuk Memasukkan Pembangunan Pusat Pengembangan Ilmu Pendidikan Teknologi Medik (PUSPIPTEKMED) ke dalam Perencanaan BAPPENAS
- Prof. Dr. Satrio Soemantri Brodjonegoro untuk Mendukung Paradigma Baru Pendidikan Kedokteran di FKUI
- Prof. dr. Masrin Munir, SpTHT untuk Renovasi Ruang Kuliah dan Kamar Kecil di Dept. Fisika FKUI serta Renovasi Taman dan Beranda di Dept. Kimia dan Dept. Parasitologi FKUI
- Prof. Dr. dr. Ichramsjah A. Rachman, SpOG (K) untuk Konsep & Pengembangan Layanan Perpustakaan 24 Jam FKUI
- Prof. Dr. dr. Sri Oemijati, MPH TM untuk Hibah Rumah (Wisma Oemi)
- dr. Doddy Partomihardjo, SpM untuk Membangun Sejarah & Tradisi Kedokteran di FKUI Serta Menggerakkan Alumnus Kembali ke Kampus
- dr. Rusdi Husein, M. Hum untuk Membangun Nilai-Nilai Sejarah dan Tradisi Kedokteran di FKUI
- dr. H. Masfar Salim, SpFK dan seluruh Pengurus PPKM periode 2004-2007 untuk Membangun Peran Serta Orang Tua Mahasiswa dalam Program “Peduli Pendidikan Kedokteran”
Anugerah Almamater diberikan kepada :
Staf Akademik Terbaik FKUI:
1. Prof. dr. Riadi Wirawan, SpPK dari Dept.Patologi Klinik
2. Prof. Dr. dr. Sarwono Waspadji, SpPD (K) dari Dept. Ilmu Penyakit Dalam
3. dr. Anis Karuniawati, PhD, SpMK dari Dept. Mikrobiolgi
Staf Administrasi Terbaik FKUI:
1. Rubikin dari Dept. Patologi Anatomi
2. Sunarti dari Dept. Pulmonologi
3. Sartono dari Dept. Parasitologi
Kelompok Kerja Terbaik FKUI:
1. Bagian Kemahasiswaan Pusat Administrasi FKUI
2. Tim Pelaksana Kurikulum Berbasis Kompetensi FKUI 2005
3. Bagian Sumber Daya Manusia Pusat Administrasi FKUI
Pemenang Booth Gelar Karya:
Juara Booth Departemen:
1. Departemen Ilmu Kesehatan Anak
2. Departemen Biokimia dan Biologi Molekuler
3. Departemen Kardiologi
4. Departemen Pulmonologi
5. Departemen Kulit dan Kelamin
Juara Booth Non Departemen:
1. Makmal Terpadu Imunoendokrinologi
2. Ikatan Alumni (ILUNI)
3. Yayasan Pengembangan Medik Indonesia (YAPMEDI)
Pemenang Lomba Kreatifitas Seni:
1. Departemen Ilmu Kesehatan Anak
2. Departemen Ilmu Penyakit Dalam
www.news-independent.blogspot.com


JAKARTA 21 FEBRUARI 2008

Musharaf Serukan Pembentukan Koalisi Harmonis


(RACHMAD YULIADI NASIR, rbacakoran at yahoo dot com)
INDEPENDENT-Presiden Pakistan Pervez Musharraf, Rabu, menegaskan perlunya koalisi yang harmonis demi kepentingan pemerintahan yang damai, pembangunan dan kemajuan Pakistan, demikian antara lain isi pernyataan yang dikeluarkan oleh Kantor Urusan Luar Negeri.

Musharraf mengeluarkan pernyataan itu ketika ia bertemu dengan anggota Kongres AS Elton Gallegly di Rawalpindi, Rabu, dan membahas dengan dia mengenai hubungan Pakistan-AS dan perkembangan politik baru-baru ini di negara tersebut, termasuk pemilihan umum 18 Februari.

Musharraf menyoroti pentingnya pemilihan umum 18 Februari dan menyerukan pembentukan koalisi yang harmonis demi kepentingan negeri itu.

Ia menggaris-bawahi komitmen Pakistan bagi hubungan yang lebih-dekat dan berlandasan-luas dengan AS berdasarkan kesamaan kepentingan dan peningkatan bidang kesepakatan, demikian antara lain isi pernyataan tersebut.

Musharraf menyatakan Pakistan telah menghadapi banyak tantangan dan sejak dulu selalu tampil bagus. Masa depan kelihatan lebih baik dengan keberhasilan dalam memerangi terorisme, katanya.

Sementara itu pemimpin kedua partai yang memperlihatkan keunggulan dalam pemilihan umum Pakistan dijadwalkan bertemu Kamis guna membahas pembentukan pemerintah koalisi yang dapat memaksa Musharraf untuk melepaskan jabatan.

Musharraf, yang meraih kekuasaan dalam kudeta militer 1999 di negara bersenjata nuklir tersebut dan telah menjadi salah satu sekutu utama Washingto di negara Muslim dalam menghadapi Al-Qaeda, rentan terhadap parlemen yang bermusuhan setelah pendukungnya mengalami kekalahan telak dalam pemilihan umum Senin.

Nawaz Sharif, perdana menteri yang digulingkan Musharraf lebih dari delapan tahun lalu dan yang partainya menempati posisi kedua dalam pemilihan umum itu, memasuki pembicaraan pembentukan koalisi setelah menjelaskan ia ingin menggulingkan Presiden tersebut dari kekuasaan.

Namun dalam suatu wawancara dengan Wall Street Journal terbitan Rabu, Musharraf mengatakan ia tak bersedia meletakkan jabatan. "Kami harus bergerak maju dengan cara kami mewujudkan pemerintah demokratis yang stabil di Pakistan," katanya.

Pemerintah Presiden AS Geroge W. Bush telah mendesak pemerintah mendatang Pakistan agar bekerjasama dengan Musharraf dan mengatakan Washington memerlukan Pakistan --yang berbatasan dengan Afghanistan, tempat pasukan pimpinan NATO dan AS sedang memerangi pejuang garis keras Islam-- sebagai sekutu.

"Kami memiliki kepentingan dalam membantu menjamin bahwa tak ada tempat aman yang dapat digunakan oleh orang untuk merencanakan dan melancarkan serangan terhadap Amerika Serikat dan Pakistan," kata Bush kepada wartawan selama kunjungan di Ghana.

Pengeritik Musharraf menyatakan upayanya untuk mempertahankan kekuasaan telah menjadi faktor yang goyah di negara yang sudah berjuang untuk menghentikan serangan terhadap wilayahnya oleh Al-Qaeda dan organisasi garis keras lain. Tetangga dan sekutunya khawatir Pakistan akan menjadi kian tak stabil.

Partai Rakyat Pakistan (PPP), pimpinan mantan perdana menteri terbunuh Benazir Bhutto, muncul sebagai pemenang utama dalam pemilihan umum itu dan telah memulai pembicaraan pembentukan koalisi dengan Liga Muslim Pakistan, pimpinan (Nawaz) Sharif, yang juga dikenal sebagai PML-N atau Liga Nawaz.

www.news-independent.blogspot.com

JAKARTA 20 FEBRUARI 2008

Menlu Rusia : Misi UE untuk Kosovo Langgar Hukum Internasional


(RACHMAD YULIADI NASIR, rbacakoran at yahoo dot com)
INDEPENDENT-Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov, Rabu, mengatakan Uni Eropa (UE) telah melanggar hukum internasional dengan mengirim misinya ke Kosovo, demikian laporan media lokal.

"Misi UE akan dikirim ke sana dalam pelanggaran terhadap hukum internasional," kata Lavrov setelah pembicaraannya dengan Menteri Luar Negeri Turki Ali Babajan.

UE akan mengirim misinya ke Kosovo secara sepihak, tanpa keputusan Dewan Keamanan (DK) PBB, dengan tugas menjamin penerapan hukum, kata Lavrov, yang menggambarkan kenyataan itu sebagai "ironi pahit".

"Kami diberitahu bahwa Resolusi No. 1244 menjadi dasar bagi pengiriman misi UE dan bagi proklamasi sepihak kemerdekaan Kosovo. Ini tidak benar," kata Menteri Luar Negeri Rusia tersebut sebagaimana dikutip oleh Itar-Tass.

Resolusi No. 1244 menyebut-nyebut masa peralihan, tapi itu mesti berlangsung sampai pihak-pihak yang berunding mencapai penyelesaian politik terakhir, kata Lavrov. Lavrov juga menyatakan standard ganda telah menghambat penyelesaian di Siprus dan Kosovo.

Mengenai masalah Siprus, semuanya berjalan sesuai dengan hukum internasional, "tapi di Kosovo sebaliknya", kata Lavrov.
Semua orang mengetahui pembicaraan untuk mencari penyelesaian politik bagi masalah Kosovo terganggu oleh campur-tangan pihak luar, katanya. Lavrov menegaskan kesatuan wilayah Serbia ditegaskan kembali bukan hanya oleh Resolusi No. 1244, tapi juga oleh Resolusi No. 1785 DK PBB.

Jurubicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Rabu, juga menyatakan bahwa tindakan UE mengirim misi ke Kosovo kurang memiliki dasar hukum.

Kosovo, provinsi Serbia yang memisahkan diri, telah dikelola oleh PBB sejak 1999, dan secara sepihak memproklamasikan kemerdekaan dari Serbia pada 17 Februari. Beograd telah menyatakan proklamasi tersebut tidak sah dan batal.

Moskow memperingatkan mengenai bahayanya tindakan semacam itu, dan mengatakan tindakan tersebut dapat merusak dasar kestabilan dan perdamaian global yang telah dibangun selama beberapa dasawarsa.

Pada Selasa, Lavrov menyampaikan kembali posisi Rusia mengenai kemerdekaan Kosovo dalam wawancara telefon dengan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Condoleezza Rice, dan mengatakan Rusia takkan menerima proklamasi sepihak kemerdekaan oleh Pristina.

Sementara itu Amerika Serikat, Rabu, menyatakan Washington berharap lebih banyak negara akan mengakui Kosovo dalam beberapa pekan mendatang.

Amerika Serikat dan Rusia terlibat pertikaian mengenai Kosovo, wilayah dengan mayoritas warga Albania yang baru saja memproklamasikan kemerdekaan dari sekutu dekat Rusia, Serbia.

Negara Barat seperti Amerika Serikat, Perancis, Inggris dan Jerman sudah mengakui Kosovo, tapi negara lain yang khawatir terhadap gerakan separatis di wilayah mereka sendiri, seperti Kanada dan Spanyol, belum mengakuinya.

Rabu pagi, seorang pembantu Presiden Palestina Mahmoud Abbas, Yasser Abed Rabbo, menarik analogi antara Kosovo dan wilayah Palestina, dan mengatakan rakyat Palestina mesti memproklamasikan kemerdekaan secara sepihak jika pembicaraan perdamaian dengan Israel terus macet.


www.news-independent.blogspot.com


JAKARTA 20 FEBRUARI 2008

Soal Lapindo, Pemerintah Tetap pada Perpres


(RACHMAD YULIADI NASIR, rbacakoran at yahoo dot com)
INDEPENDENT-Soal luapan lumpur Lapindo, pemerintah masih tetap berpegang pada Perpres nomor 14/2007. Perpres itu menjadi panduan dalam penanganan luapan lumpur Lapindo, walau DPR menentukan sikap untuk interpelasi mengenai masalah ini.

''Sebagaimana sudah sering saya katakan, pemerintah tetap berpegang pada perpres yg sudah dikeluarkan,'' kata Mensesneg Hatta Radjasa di Departemen Kesehatan, Jakarta, Rabu (20/02) usai sidang kabinet terbatas bidang kesehatan.

Dia mengakui, sampai saat ini belum mendapatkan laporan resmi hasil sidang paripurna DPR. Pihaknya pun belum mendengar keputusan sidang paripurna DPR soal interpelasi masalah luapan lumpur yang menggenangi beberapa desa di Sidoarjo, Jawa Timur.

''Belum ada pemberitahuan apapun dari DPR. Biasanya kalau itu keputusan dewan, akan ada pemberitahuan dari pimpinan dewan kepada pemerintah. Dalam hal ini sama sekali belum,'' papar Hatta.

Dikatakannya, karena belum ada keputusan apa pun yang menentukan dalam masalah ini, pemerintah tetap sesuai dengan perpres. ''Perpres itu kan mengatur sudah sangat jelas bahwa Lapindo harus membayar sesuai dengan daerah yang tertampak itu. Jadi, tidak mengurangi dan membatalkan apa yang sudah diputuskan dalam perpres".


www.news-independent.blogspot.com


JAKARTA 21 FEBRUARI 2008

PLTU Cilacap Akhirnya Mematikan Satu Pembangkit


(RACHMAD YULIADI NASIR, rbacakoran at yahoo dot com)
INDEPENDENT-Badai nicholas yang menerjang pantai selatan Jawa mengakibatkan pasokan batu bara di Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Cilacap, Jateng terganggu. Mulai Rabu (20/2) sore, operator PLTU terpaksa mematikan satu mesin pembangkit berdaya 1 X 300 MW demi menghemat stok batu bara yang tinggal 10 ribu ton. Dengan demikian, PLTU Cilacap saat ini hanya memasok listrik 1 X 300 MW dari kapasitas terpasang 600 MW.

''Stok kita saat ini hanya cukup sampai tanggal 22 Februari mendatang. Sampai hari ini dua kapal tongkang yang membawa batu bara masih tertahan di pantai Muncar Banyuwangi dan Tulungagung Jatim akibat dihantam gelombang,'' kata Manajer Teknik PLTU, Sutikno kepada wartawan, kemarin.

Menurut Sutikno, PLTU yang memiliki dua pembangkit listrik itu setiap hari membutuhkan batu bara sebanyak 5000 ton selama beroperasi 24 jam. Biasanya, stok batu bara yang tersedia cukup untuk satu bulan. Namun karena badai di laut selatan, dua kapal tongkang yang semestinya sudah masuk Pelabuhan Tanjung Intan awal pekan lalu sampai saat ini belum sampai. ''Akibatnya kita jadi ikut terganggu. Kalau sampai tanggal 22 Februari belum datang ya terpaksa kita matikan semua,'' ujarnya.

Dengan penghentian operasi satu unit tersebut, maka PLTU Cilacap tidak dapat memasok kebutuhan listrik pada jaringan interkoneksi Jawa Madura Bali (Jamali) mulai hari ini. Sehingga kemungkinan besar masyarakat menurut Sutikno harus melakukan penghematan listrik. ''Kita juga akan manfaatkan waktu ini untuk melakukan overhaul mesin tersebut,'' tegasnya.

Kasus penghentian operasi PLTU Cilacap yang diresmikan tahun 2006 lalu oleh Presiden merupakan kali kedua. Sebelumnya pada bulan Desember 2007 lalu, PLTU tersebut juga menghentikan operasi lantaran kehabisan batu bara. Penyebabnya juga sama yakni karena badai di laut selatan. Mengomentari kasus tersebut, Direktur Teknik PT S2P, Harry Satria menyatakan,kasus gelombang besar yang terjadi belakangan ini memang tidak diprediksi oleh konsultan yang membangun PLTU tersebut.

Dengan adanya kasus semacam ini, pihaknya akan melakukan perbaikan untuk perencanaan dalam pembangunan unit III PLTU dengan kapasitas 1 X 600 MW yang akan dibangun tahun 2011 di Cilacap.Menurutnya, konsultan yang merancang pembangunan PLTU tidak memasukkan fenomena alam seperti tsunami dan badai dalam perencanaan sebelumnya. Sehingga dengan kejadian ini perlu ada langkah antisipasi sehingga kerugian yang diderita baik oleh PLTU dan konsumen tidak terjadi.

www.news-independent.blogspot.com


JAKARTA 21 FEBRUARI 2008

HP Nokia Meledak Lukai Dua Siswa SD


(RACHMAD YULIADI NASIR, rbacakoran at yahoo dot com)
INDEPENDENT-Sebuah handphone (HP) Nokia seri N2115i milik Naufal Rizki Riandri (9), siswa kelas IV SD Karang Pamulang, Jalan Karawitan, Kota Bandung, Rabu (20/2)dilaporkan tiba-tiba meledak setelah sebelumnya sempat mengeluarkan asap putih berbau menyengat.

Akibat meledaknya HP tersebut, dua orang siswa SD tersebut terluka, yakni pemilik HP dan seorang rekan sekolahnya, Aldi.

"Serpihan casing handphone mengenai paha kanan Naufal hingga berdarah. Sementara tangan Aldi terlihat gosong, tapi tidak terluka parah," ujar Yusuf Wahyudin, salah seorang guru SD Karang Pamulang kepada pers di Bandung, Rabu.

Ia mengatakan, peristiwa meledaknya HP Nokia yang sempat membuat panik siswa dan guru sekolah tersebut berawal ketika Naufal main game yang ada di HP tersebut.

"Usai main game di handphonenya Nokia N2115i, tiba-tiba HP milik Naufal itu meledak setelah sebelumnya sempat mengeluarkan asap," kata Yusuf Wahyudin.

Saat kejadian, kata Yusuf, pada Rabu sekitar pukul 07.15 WIB sambil menunggu jam pelajaran olahraga, Naufal duduk di teras halaman sekolah bersama temannya Aldi. Naufal asyik bermain game. Beberapa saat kemudian usai bermain game, dia meletakkan handphone di sampingnya.

Tiba-tiba keluar asap dari handphonenya tersebut. Melihat hal itu, Aldi keheranan dan mengambilnya. "Baru saja dipegang Aldi, tiba-tiba handphone tipe N2115i itu meledak. Suaranya hingga terdengar ke ruang guru yang jaraknya sekitar 20 meter," kata Yusuf.

Akibat ledakan itu, serpihan casing handphone berupa plastik keras melukai paha kanan Naufal hingga berdarah. Sedangkan tangan Aldi terlihat gosong. "Kedua siswa itu kemudian diobati dan langsung dipulangkan ke rumah mereka masing-masing setelah sebelumnya orangtua keduanya diberitahu kepala sekolah," katanya.

Sementara itu distributor Nokia di Bandung yang akan dikomfirmasi terkait meledaknya HP merek Nokia seri N2115i itu belum bisa dihubungi.


www.news-independent.blogspot.com


JAKARTA 21 FEBRUARI 2008

Gempa 6,6 SR Guncang Provinsi Aceh


(RACHMAD YULIADI NASIR, rbacakoran at yahoo dot com)
INDEPENDENT-Gempa tektonik berkekuatan 6,6 pada skala richter (SR) Rabu (20/2) siang mengguncang Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) sehingga menimbulkan kepanikan di kalangan warga yang bermukim di pesisir barat dan selatan provinsi itu.

Kepala Stasiun Geofisika Mata Ie, Kabupaten Aceh Besar, Syahnan, di Banda Aceh menyebutkan gempa itu berada pada kedalaman 30 KM terjadi pukul 15.08 WIB dengan posisi pada koordinat 2,58 lintang utara (LU)-95,99 bujur timur (BT) sekitar 42 KM sebelah barat laut Sinabang, ibukota Kabupaten Simeulue.

Gempa yang berpusat di darat tersebut berlangsung sekitar 15 menit itu turut dirasakan masyarakat di kota Banda Aceh dan pantai utara Provinsi NAD, namun lebih kuat dirasakan warga yang bermukin di kawasan gugusan Pulau Simeulue, Meulaboh (Aceh Barat) dan Tapaktuan (Aceh Selatan).

Menurut Syahnan, gempa tersebut merupakan yang terkuat pertama sepanjang dua bulan pertama tahun 2008, dari beberapa kali gempa sebelumnya, namun pusatnya tidak jauh dari gempa yang menimbulkan bencana tsunami 26 Desember 2004, yakni disebalah barat dan barat daya kota Banda Aceh.

Informasi yang diterima dari Aceh Barat, sebagian warga kota Meulaboh berlarian keluar rumah begitu merasa merasa getaran gempa karena dirasayakan goyongan cukup lama karena khawatir terjadi naiknya gelombang air laut, seperti yang terjadi dipenghujung tahun 2004 lalu.

Sampai berita ini diturunkan, belum ada laporan bangunan rumah penduduk dan pertokoan yang rusak serta korban jiwa akibat gempa tersebut, namun sebagian warga terlihat trauma, termasuk karyawan kantor pemerintah dan pasar swalayan di Banda Aceh.


www.news-independent.blogspot.com