Thursday, February 28, 2008

Thaksin kembali ke Thailand

JAKARTA 28 FEBRUARI 2008

Thaksin kembali ke Thailand

Thaksin Shinawatra

(RACHMAD YULIADI NASIR, rbacakoran at yahoo dot com)
INDEPENDENT-Mantan Perdana Menteri Thailand Thaksin Shinawatra kembali ke tanah airnya, 17 bulan setelah digulingkan dalam sebuah kudeta militer.

Ribuan pendukungnya yang melambai-lambaikan bendera, termasuk tokoh-tokoh penting dalam pemerintah baru, berkumpul di bandara utama Bangkok menyambut dia.

Thaksin langsung dibawa ke pengadilan untuk menghadapi dakwaan penyalahgunaan kekuasaan selama jabatannya, tuduhan yang dia tegaskan bermotif politik.

Dia dikenai tahanan luar dengan jaminan dan diberitahukan tidak meninggalkan Thailand tanpa ijin.

Thaksin yang pernah mengatakan dia berniat menjauh dari politik sekarang kembali ke negaranya namun para wartawan mengatakan ada kekhawatiran dia kembalinya dia menyebabkan gejolak politik.

Yakin bebas

Pengusaha kaya berusia 58 tahun ini meneteskan air mata saat dia disambut para pendukungnya yang bersorak rorai dan melambaikan poster berbunyi "Kami mencintai Thaksin".

Saat dia meninggalkan bandara, dia bersujud dengan menyentuhkan dahinya sebagai isyarat penghormatan.

Kepada wartawan BBC Andres Harding dalam penerbangan darai Hongkong, Thaksin menyatakan optimis dia "pasti" akan dibebaskan dari dakwaan korupsi.

"Saya tidak berbuat kesalahan, mengapa harus khawatir ?", katanya. "Saya harus memulihkan resputasi saya yang hilang karena kudeta".

Partai Thaksin, Thai Rak Thai dinyatakan terlarang menyusul kudeta militer bulan September tahun 2006, dan dia secara pribadi dilarang berpolitik selama lima tahun.