Tuesday, January 22, 2008

20-22 JANUARI 2008

JAKARTA 20-22 JANUARI 2008

Masyarakat Sulsel Diminta Tenang
Masyarakat Sulawesi Selatan (Sulsel) diimbau untuk bersikap tenang menyikapi pelantikan Penjabat Gubernur, Mayjen Tanribali Lamo. Tanri diharapkan mampu mengendalikan situasi Sulsel dengan baik mengingat dirinya merupakan putra daerah setempat yang telah menguasai seluk beluk provinsi itu.

Imbauan itu disampaikan oleh Wakil Presiden, Jusuf Kalla, kemarin (19/1), usai membuka acara Rapat Teknis dan Konsolidasi Partai Demokrasi Kebangsaan (PDK) di Jakarta. ''Kita harapkan tentu masyarakat menyikapinya dengan tenang,'' ujarnya kepada para wartawan.

Wapres yang juga berasal dari Sulsel coba ingin menenangkan masyarakatnya. Ia menjamin proses pengajuan Peninjauan Kembali (PK) kasus pemilihan kepala daerah (pilkada) Sulsel yang diajukan KPUD Sulsel akan berjalan lancar di Mahmakah Agung (MA). Proses jalur hukum itu dikatakannya tak akan berlangsung lama. ''Kalau PK, apa pun keputusan PK itu, kita jalankan saja,'' tegasnya.

Tanri dilantik sebagai Penjabat Gubernur Sulsel oleh Mendagri, Mardiyanto, di kantor Depdagri, Jakarta, kemarin. Mantan Asisten Personel Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) itu merupakan putra mantan gubernur Sulsel, Ahmad Lamo.

Pada 19 Desember 2007, MA memutuskan agar dilakukan pilkada ulang di empat kabupaten di Sulsel yakni Gowa, Tana Toraja, Bantaeng, serta Bone dengan alasan terjadi kecurangan. Putusan itu langsung disambut dengan kontroversi dan unjuk rasa yang silih berganti. KPUD Sulsel langsung mengajukan PK kepada MA.

Sebelumnya, hasil final rekapitulasi KPUD Sulsel pada 16 November menetapkan pasangan Syahrul Yasin Limpo-Agus Arifin Nu'mang (biasa dipanggil 'Sayang') sebagai pemenang pilkada yang dilakukan pada 5 November dengan perolehan 1.432.572 suara (39,53 persen). Sedangkan pasangan Amin Syam-Mansyur Ramli ('Asmara') mendapat 1.404.910 suara (38,76 persen).

Ketua Muda Pengawasan MA, Djoko Sarwoko, mengaku belum mengetahui perkembangan proses PK yang diajukan KPUD Sulsel terkait sengketa pilkada yang hingga kini kian meruncing. ''Saya belum tahu perkembangannya. Coba tanya ke Pak Nurhadi, kepala Biro Hukum dan Humas MA,'' ungkap Djoko. Namun, Nurhadi tak bisa dihubungi, telepon genggamnya tidak aktif.

Di Makassar, pasangan Syahrul-Agus (Sayang) oleh pendukungnya Sabtu (19/1) 'dilantik' dan dinyatakan secara de facto adalah gubernur Sulsel. Pelantikan disaksikan sedikitnya 7.000 massa pendukung pasangan pemenang pilkada ini dalam pengawasan aparat kepolisian dan personel TNI.

Prosesi pelantikan dilakukan di lapangan upacara gubernuran Sulsel. Meski tanpa kehadiran tokoh yang dilantik, para pendukung Sayang menyatakan keduanya telah resmi menjadi gubernur yang memimpin Sulsel periode 2008-2013. Sesuai jadwal yang ditetapkan KPUD Sulsel, pelantikan gubernur memang jatuh pada hari Sabtu. Karena itu, para pendukung Sayang melaksanakan pelantikan dan menyatakan tak menerima kehadiran caretaker ataupun penjabat gubernur.

Pelantikan dilakukan dengan cara menaikkan bendera dan simbol-simbol pendukung pasangan ini. Empat buah bendera, satu di antaranya bergambar pasangan Syahrul-Agus dikerek dan berkibar di tiang bendera gubernuran. Di sela-sela proses pelantikan 'ala rakyat' itu, tepat pukul 13.00 Wita, salah seorang menghubungi Syahrul lewat telepon genggamnya yang saat itu sedang berada di Jakarta.

Melalui mikrofon, suara Syahrul terdengar dan mengimbau pendukungnya untuk tetap menjaga keamanan Sulsel. Ia juga meminta kepada seluruh simpatisannya tidak melakukan gerakan-gerakan yang mengarah pada hal-hal merusak dan anarkis.

''Saya ingin kita menang secara terhormat, tetaplah pada aturan yang ada. Insya Allah dalam waktu dua jam ke depan saya akan berada di Makassar bersama-sama kalian semua,'' ujar Syahrul. Usai mendengar suara Syahrul, massa tetap tidak beranjak dari lapangan gubernuran dan melanjutkan orasi-orasi.

Sebelum tiba di gubernuran, ribuan massa yang berasal dari berbagai elemen masyarakat juga mahasiswa ini melakukan pemblokiran jalan di perbatasan Makassar-Gowa. Mereka membakar ban bekas dan melakukan orasi. Dalam perjalanan menuju Gubernuran, di kawasan Sultan Alauddin, ketika melewati showroom milik NV Haji Kalla, tiba-tiba massa melakukan pelemparan batu pada showroom milik keluarga Wapres Jusuf Kalla tersebut. Empat bagian kaca showroom akhirnya pecah berkeping-keping akibat lemparan batu.

Merancang Ruang Servis
Saat membangun kediamannya seluas 340 m2 di Taman Bona Indah, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Claudia Massie punya keinginan khusus. Ia merasa perlu membagi lahan yang tersedia menjadi beberapa area. ''Area publik, privat, dan servis dibuat terpisah,'' jelasnya.

Dengan begitu, keluarga Claudia tidak akan terganggu meski ada aktivitas di ruang publik maupun area servis. Pembagian area tadi dianggap Claudia bukan saja menguntungkan keluarganya. ''Ini juga demi kerapian rumah juga kelancaran dan kenyamanan mereka yang membantu pekerjaan rumah tangga kami,'' ujar counsellor di Zakia Family Counseling.

Di hunian dua lantainya yang berada di hook hadap timur-utara, Claudia menyediakan satu 'blok' khusus area servis. Blok area servis memiliki jalan masuk khusus yakni dari pintu pagar utara rumah. Masuk dari pintu tersebut, area garasi dan ruang pendukung dapur utama langsung bisa diakses.

Area servis lantai dua terdiri dari dua kamar tidur, satu kamar mandi, dan ruang cuci. Sedangkan di lantai tiga terdapat satu kamar tidur serta ruang jemur pakaian. ''Kami juga mementingkan kenyamanan bekerja dan beristirahat bagi mereka dengan cara memberikan kamar yang memadai serta televisi sebagai hiburan,'' papar Claudia.

Gaya hidup
Pilihan Claudia tentang desain rumahnya mungkin saja sejalan dengan angan Anda tentang rumah ideal. Tetapi, jangan buru-buru mengikuti Claudia. ''Coba sesuaikan kembali dengan kepribadian dan rencana hidup Anda,'' saran Widiyani, arsitek.

Ruang servis sejatinya lekat dengan pekerjaan rumah tangga. Namun, siapa dan bagaimana cara melakukannya bisa jadi berbeda antarkeluarga. Bagaimana dengan Anda?

Sebagian orang lebih suka melakukannya sendiri. Buat kelompok yang satu ini, pastikan ruang servis berada di tempat yang nyaman. ''Jangan membuat area yang menyulitkan langkah Anda menuju ke sana,'' kata Widiyani yang juga dosen Institut Teknologi Bandung.

Mengapa begitu? Jika tak diposisikan di tempat yang strategis dan nyaman, secara psikologis, Anda akan malas masuk ke ruang servis. Alhasil, pekerjaan rumah tangga bisa terbengkalai.

Anda yang cenderung malas melakukan pekerjaan rumah tangga sebaiknya memiliki area servis yang mudah dicapai. Tempat menjemur, misalnya, tak perlu dibangun di atas. ''Bayangkan betapa beratnya mengangkat cucian sambil memanjat anak tangga tiap harinya,'' Widiyani memberi ilustrasi.

Jika Anda tinggal di apartemen dengan satu kamar atau rumah landed yng tak begitu luas, rasanya mustahil untuk membagi ruang menjadi beberapa area servis. Kalau sudah begitu, yang paling memungkinkan adalah memposisikan dapur sebagai area serbaguna. ''Di sana, Anda bisa menyetrika dan menyimpan peralatan kebersihan,'' ucap Widiyani.

Tak mempekerjakan pembantu berarti menghemat tempat. Anda tidak perlu menyediakan dapur basah dan kotor, kamar pembantu, serta kamar mandi untuk pembantu. ''Untuk dapur, satukan saja kegiatan di dapur basah merangkap kering,'' ujar Widiyani yang berbisnis rangkaian bunga di bawah label Widiyani and Friends.

Rumah mungil tanpa pembantu juga memengaruhi pilihan furnitur. Terlebih, jika Anda tidak begitu rajin dalam urusan rumah tangga. ''Anda memerlukan ruang simpan ekstra berupa lemari seplafon berlaci banyak di dapur,'' imbuh Widiyani.

Area servis sebaiknya dirancang menggunakan material yang mudah dibersihkan. Bidang-bidangnya juga jangan sampai sulit dijangkau saat hendak membersihkan. ''Dengan begitu, saat Anda harus turun tangan langsung, Anda tidak akan kerepotan dibuatnya,'' kata Widiyani.

Mengelompokkan
Sementara itu, jika Anda lebih suka dan mampu menyewa jasa pembantu, Anda juga patut merancang area servis senyaman mungkin. Idealnya, area servis dibuat terpisah dari aktivitas keluarga. ''Area servis mencakup tempat mencuci, menjemur, dan menyetrika, dapur, gudang, dan garasi.''

Usahakan agar ruang servis letaknya berdekatan dengan kamar tidur pembantu. Trik ini sekaligus mengakali sifat manusia yang cenderung ingin segalanya lebih mudah dan tidak menyita energi. ''Mengelompokkan ruang sekaligus membuat kegiatan servis menjadi lebih terfokus,'' cetus Widiyani.

Ada tidaknya pembantu sebetulnya tak membuat esensi ruang servis bergeser. Prinsipnya tetap sama, sebagai lokasi mengerjakan pekerjaan rumah tangga dan meletakkan barang keperluan rumah tangga. ''Yang penting, keberadaannya tidak mudah tertangkap mata oleh tamu,'' ungkap Widiyani yang bulan depan akan meluncurkan buku merangkai bunga.

Menjemur pakaian di depan bukanlah hal yang tabu untuk dilakukan. Anda cuma perlu memasang pagar yang ditutupi dengan tanaman rambat sebagai penghalang pandangan orang di luar. ''Sementara itu, agar tidak terlihat tamu, area jemur di halaman belakang bisa dilapisi dengan aling-aling Bali, misalnya,'' tandas Widiyani. Cerdik, bukan?

JAKARTA 21 JANUARI 2008

Ratusan Produsen Tempe dan Tahu mulai 'Gulung Tikar'
Lebih dari 560 produsen tempe dan tahu di Kota Yogyakarta dan sekitarnya terpaksa berhenti berproduksi bahkan ada yang mulai 'gulung tikar' akibat tingginya harga kedelai.

"Dari sekitar 800 produsen tempe dan tahu yang tergabung dalam Primer Koperasi Pengusaha Tempe Tahu Indonesia (Primkoppti) Kota Yogyakarta, 560 di antaranya sudah berhenti berproduksi dan 'gulung tikar' karena harga bahan baku kedelai tidak terjangkau lagi," kata Ketua Primkoppti Kota Yogyakarta, Muryanto, Senin (21/1).

Menurut dia, produsen tempe dan tahu tersebut saat ini sudah kehilangan cara untuk tetap bertahan sehingga mereka memilih untuk menghentikan produksi, sementara pendampingan dari pemerintah tidak ada sama sekali.

"Para produsen saat ini hanya pasrah saja, karena mereka tidak dapat berbuat apa-apa setelah berbagai cara dilakukan seperti mengurangi ukuran tempe dan tahu maupun menaikkan harga, namun tetap tidak mampu untuk menutup biaya produksi," katanya.

Ia mengatakan, Primkoppti sendiri juga tidak dapat berbuat banyak untuk menyelamatkan para produsen tempe dan tahu tersebut.

"Pemerintah hendaknya mempertimbangkan lagi untuk membuka seluasnya pintu impor kedelai melalui Bulog seperti pada 1990-an, karena impor melalui Bulog lebih tepat sasaran dan harga dapat dikendalikan, bukan justru dipermainkan importir," katanya.

Ia menambahkan, meskipun pemerintah membebaskan pajak masuk impor kedelai, itu juga bukan merupakan solusi yang tepat karena justru akan menguntungkan importir.

"Pembebasan bea masuk hanya akan menguntungkan importir dan ini sama sekali tidak berpengaruh terhadap produsen tempe dan tahu, sehingga ini tidak akan banyak menolong," katanya.

RI Setuju Bantuan Radar AS Dibangun di Selat Makassar


Pemerintah RI telah menyetujui pembangunan tujuh radar bantuan Amerika Serikat (AS), di Selat Makassar, guna mendukung pengamanan di Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) II.

"Pendirian tujuh radar bantuan AS itu juga bertujuan mendukung pertahanan dan keamanan maritim se-ASEAN," kata Menteri Pertahanan (Menhan) Juwono Sudarsono.

Ia mengungkapkan, pemerintah AS komit untuk membantu peningkatan daya mampu ("capacity building") Indonesia dalam mengamankan wilayah perairannya, salah satunya bantuan radar intai (surveillence radar).

"Pengajuan pendirian radar intai di Selat Makassar itu telah diajukan sejak 2006 namun pelaksanaannya baru akan dilaksanakan secara bertahap mulai 2008," tutur mantan Duta Besar RI untuk Inggris itu.

Juwono menambahkan, fungsi utama dari pendirian tujuh radar di Selat Makassar itu adalah pencegahan aksi teror di laut.

"Itu sesuai dengan komitmen bersama ASEAN tentang pertahanan dan keamanan maritim bagi kawasan ASEAN," ujarnya.

Di kawasan Asia Pasifik termasuk ASEAN dan Indonesia, jaminan keamanan "Sea Lines Of Communication" (SLOC) atau Garis-garis Perhubungan Laut (GPL), merupakan hal pokok bagi para pengguna laut di dua kawasan yang menjadi fokus perhatian dunia tersebut.

Terkait itu, Indonesia dituntut untuk dapat memberikan jaminan keamanan di Selat Malaka, Selat Singapura, Selat Philip, perairan Natuna dan jalur-jalur laut yang dikenal ALKI.

Semisal, Armada Pasifik AS yang akan menuju wilayah teluk/Timur Tengah, mengharapkan kemudahan untuk menggunakan ALKI timur-barat melalui Laut Sulawesi, Selat Makassar, Laut Flores, Laut Jawa, Selat Karimata, Laut Natuna, Selat Singapura dan Selat Malaka sebagai jalur pendekat.

Sebelumnya, Pemerintah AS juga telah memberikan bantuan lima radar intai di sepanjang Selat Malaka, untuk mengamankan selat terpadat di dunia tersebut.

Pembangunan lima radar yang terintegrasi dalam sistem pengintaian maritim terintegrasi (Integrated Maritime Surveillance System/IMSS), hingga kini masih terus berjalan, sedangkan empat radar Indonesia di Selat Malaka telah selesai pembangunannya.

Pengamanan Selat Malaka selama ini dilakukan bersama antara tentara Indonesia, Malaysia, dan Singapura dalam bentuk patroli terkoordinasi yang diluncurkan pada Juli 2004. Saat ini kerja sama tiga negara pantai dalam kerangka Malsindo itu telah mampu menekan tingkat kejahatan laut di Selat Malaka hingga 70 persen.

Tingkat Kesadaran Soeharto Membaik

Kondisi kesehatan mantan presiden Soeharto secara medis terus membaik. Tingkat kesadaran dan respons fisik mengalami kemajuan. ''Pagi ini alhamdulillah, bapak dapat mengikuti perintah, sudah sadar dan coba bicara, meski belum keluar suara,'' kata anggota Tim Dokter Kepresidenan, Yusuf Misbach, Ahad (20/1), saat jumpa pers rutin di Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP).

''Kalau kita minta angkat tangan ke atas, dia bisa. Dia juga merasa gatal kalau kita garuk-garuk,'' ujar Yusuf. Berikutnya, tim dokter menyiapkan sejumlah latihan agar gerak fisik dan kesehatan Soeharto lebih baik lagi. ''Latihannya banyak sekali. Kita akan kuatkan otot-otot, yaitu fisioterapi, melatih otot kaki, tangan, dan bicara,'' tambah Ketua Tim Dokter Kepresidenan, Mardjo Subiandono. Kendati membaik, Soeharto masih tergolek lemah di ranjang kamar no 536 Presidential Suite RSPP.

''Beliau masih terbaring, jadi kekuatannya tidak penuh saat ini,'' sambung Yusuf. Hingga kemarin pagi, tekanan darahnya stabil, fungsi jantung dan paru-paru membaik, pernapasan sudah dilatih spontan tak lagi dibantu selang ventilator lewat mulut karena sejak Sabtu (19/1) dipindahkan ke leher.

Pemindahan ini terkait upaya mengurangi infeksi sistemik yang menyebar akibat kuman di mulut Soeharto. Pemindahan selang itu juga dibarengi penyapihan bertahap peran ventilator. Bila tadinya napas Pak Harto lebih banyak dibantu mesin, saat ini napas spontannya sudah lebih baik. Namun secara umum, tim dokter menilai kondisi Soeharto tetap kritis. Kesehatan yang kadang membaik, tapi secepat kilat bisa memburuk, bahkan kritis. Dengan kondisi itu, rencana pemasangan cardiac resynchronization therapy (CRT) untuk menyeimbangkan detak jantung bilik kanan dan kiri belum dilakukan.

Mengenai infeksi sistemik, anggota tim dokter lainnya, Hadiarto Mangunnegoro, mengklaim bisa dikendalikan. ''Kita berikan obat dan makanan yang meningkatkan daya tahan tubuh,'' katanya. Membaiknya kondisi Soeharto, dibuktikan Sultan Pahang Malaysia, Tun Haji Ahmad Shah. ''Saya pegang tangannya. Alhamdulillah dia berangsur membaik. Dia tahu saya. Dia buka matanya,'' ujar Sultan yang mengaku kenal Pak Harto sejak menjabat sebagai Sultan Pahang tahun 1980-an.

RESESI,AS Kucurkan Paket Darurat


Dampak resesi AS mulai terasa. Kekhawatiran perekonomian AS berada di jurang resesi pun kian terbukti. Untuk mengatasainya Presiden AS, George W Bush, mengeluarkan kebijakan insentif untuk mencegah ekonomi negaranya makin terjerembab.

Paket khusus senilai 140 sampai 150 miliar dolar AS atau setara satu persen produk domestik bruto (PDB) itu digunakan untuk menstimulasi pertumbuhan ekonomi yang dikhawatirkan sudah masuk masa resesi. ''Secara fundamental perekonomian kita masih solid, tapi kita memiliki beberapa sektor yang perlu perhatian lebih,'' kata Bush di Washington, Jumat (18/1) malam waktu setempat.

Dalam paket itu, termasuk insentif pajak bagi pebisnis AS dan keringanan pajak bagi warganya. ''Untuk menjaga ekonomi agar tetap tumbuh dan menciptakan lapangan kerja, kongres dan pemerintah perlu bekerja sama agar paket pertumbuhan itu dapat segera terealisasi.''

Bush juga mengatakan, paket pertumbuhan ini harus dibangun dengan kemudahan pajak yang secara langsung akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi. ''Bukan dengan mengerjakan proyek yang hanya memberi efek kecil pada perekonomian kita. Paket pertumbuhan ekonomi ini hanya temporer,'' katanya.

Pertumbuhan ekonomi awal tahun ini, diakui Bush, lebih rendah dibanding periode sama tahun lalu. Merosotnya pasar properti dan pasar keuangan, membuat banyak ekonom khawatir ekonomi AS bakal terjungkal, setelah krisis kredit perumahan berisiko tinggi (subprime mortgage) menghantam. Krisis ini membuat pemerintahan Bush berinisiatif menolong membayar kredit perumahan bagi warganya yang tak mampu melunasi. Sedangkan insentif bagi pengusaha dimaksudkan untuk membuka peluang investasi dan lapangan kerja.

Sejumlah pengacara dan pegawai negeri mendesak potongan pajak setidaknya 300 dolar AS per wajib pajak. Ada pula yang mengusulkan potongan pajak 600 dolar AS per orang dan 1.600 dolar AS per kepala keluarga. Berbicara usai Presiden Bush, Menkeu AS, Henry Paulson, mengatakan, sangat berisiko bagi AS jika tak mengambil langkah penyelamatan. ''Dalam jangka panjang saya tetap optimistis, meski tidak untuk jangka pendek ini,'' katanya.

Paulson menolak menjelaskan detail paket ekonomi darurat yang diambil pemerintah sebelum dibicarakan dengan pimpinan Kongres. Dia hanya menegaskan bahwa paket itu bakal mendorong 500 ribu lapangan kerja baru tahun ini.

Indeks saham AS ternyata malah anjlok begitu pengumuman Bush. Indeks Dow Jones, misalnya, terkoreksi 59,91 poin ke posisi 12.099,3. Sementara, Nasdaq turun 12,20 poin ke level 4.043,3. Penyebabnya, pelaku pasar menganggap langkah itu belum cukup. ''Dampak psikologis kondisi ekonomi AS di bursa memang sangat buruk saat ini,'' kata Presdir Liberty Trading Group, James Cordier.

Di Indonesia, ekonom Cides, Umar Juoro, menilai paket stimulus ekonomi yang diterbitkan Bush itu tak terlalu banyak membantu. Paling cepat hanya bisa menolong sampai akhir 2008. ''Perbaikan ekonomi AS sangat tergantung bagaimana mereka merestrukturisasi sektor keuangan,'' kata Umar, kemarin.

Sejauh ini, jelasnya, sudah banyak lembaga keuangan AS yang terpaksa mendapatkan suntikan dana, langkah yang menurutnya dapat mengembalikan kondisi. Kendati, inflasi tetap mengancam karena terus melemahnya kurs dolar AS dan turunnya tingkat suku bunga pinjaman.

Subprime Masih Menghantui

4 Januari
Tingkat pengangguran di AS naik tajam setelah laporan pertumbuhan lapangan kerja yang buruk memicu jatuhnya harga saham di bursa. Bank Dunia memperkirakan pertumbuhan ekonomi dunia 2008 melambat akibat kebekuan pasar kredit (credit crunch)

7 Januari
Presiden George W Bush mengakui kebekuan pasar kredit akan memperlambat pertumbuhan ekonomi AS, tapi tetap berdalih fundamental ekonominya masih kuat. Para ekonom AS meminta pemerintah segera mengatasi.

9 Januari
CEO Bear Stearns, James Cayne, mengundurkan diri setelah mengumumkan kerugian 1,9 miliar dolar AS, terbesar dalam sejarah.

11 Januari
Bank investasi Swiss UBS mengaku belum tahu besar kerugian yang diderita akibat krisis subprime. Laporan 2007 baru akan disusun setelah semua hasil diketahui. Gubernur The Fed, Ben Bernanke, mengatakan prospek ekonomi AS 2008 terus memburuk di tengah kekhawatiran dampak krisis subprime.

Countrywide, penyedia pinjaman hipotek terbesar di AS dan pionir subprime mortgage, dibeli Bank of America seharga 4 miliar dolar AS setelah sahamnya rontok hingga tinggal 48 persen.

15 Januari
Citigroup sebagai bank terbesar di AS melaporkan rugi 9,8 miliar dolar AS untuk kuartal keempat 2007 dan menghapus 18 miliar dolar akibat kerugian investasi terkait subprime. Citigroup diambil-alih investor Kuwait, Saudi Arabia, dan Singapura.

Tanri tak Ingin Lama Menjabat

Penjabat sementara (caretaker) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Ahmad Tanribali Lamo, berharap kisruh pemilihan kepala daerah (pilkada) di Sulsel tidak berlarut-larut. Dia pun berharap tugasnya sebagai gubernur sementara Sulsel cepat berakhir.

''Saya tidak ingin berlama-lama. Seandainya sengketa pilkada Sulsel ini bisa selesai satu jam, sehari, atau seminggu, saya selesaikan, sehingga gubernur definitif pilihan rakyat bisa dilantik dalam waktu dekat,'' ujar Tanri saat serah terima jabatan gubernur di Makassar, Senin (21/1). Kehadirannya sebagai gubernur sementara Sulsel, ditegaskan Tanri, semata-mata karena tugas. ''Saya ini penjabat, bukan pejabat. Tolong dibedakan.''

Karena semata-mata menjalankan tugas, dia meminta seluruh komponen masyarakat Sulsel menerimanya. Semua agenda penting juga didukung. Ada tiga tugas penting yang akan menjadi fokus kerjanya. Pertama, menjalankan fungsi pemerintahan yang optimal. Kedua, menciptakan suasana yang kondusif. Dan ketiga, menuntaskan semua masalah yang ada.

Mantan asisten personel KSAD ini berharap penyelesaian sengketa pilkada Sulsel di Mahkamah Agung (MA) segera diputuskan. ''Makin cepat selesai, makin bagus. Jangan ada kesan penunjukan penjabat ini berlama-lama,'' katanya. Untuk menyelesaikan kasus ini, dia telah bertemu dengan pihak bersengketa, yakni Amin Syam dan Syahrul Yasin Limpo. Menurutnya, yang terjadi saat ini adalah bunga-bunga demokrasi.

Hadir dalam serah terima jabatan itu semua pejabat muspida, termasuk Ketua DPRD Sulsel, Agus Arifin Nu'mang. Mantan wakil gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo, tak tampak hadir. Desakan agar MA segera memutus kisruh pilkada Sulsel, datang dari Direktur Lingkar Madani, Ray Rangkuti. ''Sesuai tata cara bersidang, setelah peninjauan kembali (PK) diajukan, maka dalam waktu 14 hari harus diselesaikan MA,'' katanya di Jakarta.

Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Sulsel mengajukan PK atas putusan MA memenangkan gugatan pasangan Amin Syam-Mansyur Ramly (Asmara). Pasangan Syahrul Yasin Limpo-Agus Nu'mang (Sayang) sebelumnya dinyatakan sebagai pemenang dalam pilkada Sulsel yang dibatalkan MA dengan memerintahkan pilkada ulang di empat kabupaten.

Menurut Ray, penjabat Gubernur Sulsel harus dapat memprediksi apa yang bakal terjadi pascaputusan MA. ''Dibutuhkan konsolidasi yang kuat, dan masyarakat harus menerima apa pun putusan MA.''

Menkeu: Daya Tahan Ekonomi Indonesia Kuat

Perekonomian Indonesia sepanjang 2007 menunjukkan daya tahan terhadap hantaman yang berasal dari luar. Namun, perekonomian dunia diperkirakan melambat di 2008 sebagai akibat resesi ekonomi di AS.

''Ekonomi Indonesia tumbuh di atas enam persen selama empat kuartal 2007,'' ujar Menkeu dalam acara Dialog Bisnis Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (PPPI) dengan tema "Prospek Ekonomi 2008 dan Pengaruhnya terhadap Periklanan Nusantara".

Soal perekonomian dunia yang mengalami koreksi, menurutnya, sudah diprediksi jauh-jauh hari. ''Namun seberapa parah koreksi terjadi, itu yang kita belum tahu,'' jelasnya.

Mengenai kebijakan paket stimulus ekonomi senilai 150 miliar dolar AS yang dikeluarkan Presiden AS, George W Bush, menurut Sri Mulyani, paling cepat pengucuran anggarannya direalisasikan pada semester pertama 2009. Itu pun nilainya sekitar 50 miliar dolar AS. ''Tapi, kenapa langsung menjadi berita besar, karena Pemerintah AS ingin melakukan tindakan preventif mencegah pesimisme yang meluas. Pesimisme itu seolah-olah ekonomi AS bakal runtuh,'' jelas Menkeu. Pemerintah AS berupaya mengandaikan terjadi resesi, maka resesi itu diselesaikan dalam waktu cepat.

Bagaimana dampaknya terhadap perekonomian nasional? Menkeu tak menampik imbasnya terasa di dalam negeri. ''Karena jika ekspektasi pasar AS membaik, maka dampaknya akan positif ke kita. Pemerintah AS berupaya untuk menetralkan.'' Pada 2008, papar Sri Mulyani, downside risk (koreksi pertumbuhan ekonomi) lebih besar. Dampak resesi AS sekarang sudah cukup nyata dan akan terasa di pasar uang dan pasar modal global. ''Pastinya akan berdampak terhadap negara berkembang, termasuk Indonesia.''

Pemerintah akan selalu memantau perkembangan mutakhir dan mempersiapkan langkah untuk mengurangi dampak kenaikan harga minyak. Pengaruh kondisi perekonomian global ke Indonesia di antaranya masuk ke pasar uang. Volatilitas terutama di pasar valas akan meningkat, capital inflow juga bisa menurun. Di sisi lain, impor migas meningkat. Di pasar modal, spread akan melebar dan sentimen negatif. Dia juga mengakui kondisi pasar saat ini membuat pembiayaan APBN 2008 lebih mahal, ekspektasi inflasi juga meningkat.

''Sebenarnya kondisi kita sebagai penjual obligasi tidak sakit. Namun, pembeli obligasinya yang sakit (ekonomi), sehingga para investor itu bilang, untuk mengeluarkan uang hitung-hitungannya menjadi banyak.'' Antisipasi yang dilakukan pemerintah, selain penyelamatan APBN, juga tetap mendorong pembangunan melalui investasi, percepatan pembangunan infrastruktur, dan percepatan crash program bidang kelistrikan.

Dia pasar modal, kebijakan yang diambil adalah menjalakan insentif bagi perusahaan yang melakukan penawaran saham perdana (IPO) secara lebih agresif. Ini dimaksudkan menambah suplai di pasar modal. Jika masih terdapat kritik bahwa produk domestik bruto (PDB) Indonesia digerakkan oleh konsumsi, menurut Menkeu, kondisinya memang begitu.

Di seluruh dunia, paparnya, 60-70 persen PDB ditentukan oleh konsumsi rumah tangga. ''Setiap pertumbuhan ekonomi yang sehat memang harus seimbang antara demand driven dan supply response. Dengan adanya pertumbuhan tingkat konsumsi rumah tangga itu juga berarti terjadi perbaikan tingkat kesejahteraan masyarakat,'' katanya.

WASSALAM
Rachmad
Independent
rbacakoran at yahoo dot com

www.rachmadindependent.blogspot.com
www.news-independent.blogspot.com