Monday, January 28, 2008

BUKU MANAJEMEN KEUANGAN FAKULTAS KEDOKTERAN

JAKARTA 28 JANUARI 2008
Buku Manajemen Keuangan Fakultas Kedokteran
Banyak pepatah bijak yang menyebutkan bahwa buku adalah jendela dunia, buku adalah sumber pengetahuan yang tak ternilai harganya. Melalui buku, banyak hak yang bisa kita dapati.Banyak sudah buku-buku mengenai manajemen beredar. Baik mengenai bidang manajemen sumberdaya manusia, manajemen keuangan, manajemen pemasaran, bahkan manajemen pendidikan. Namun buku yang khusus memeuat mengenai manajemen keuangan fakultas kedokteran baru pertama kali disusun.
Keberadaan buku ini membawa asupan baru bagi manajemen dunia pendidikan, khususnya bagi mereka yang bergerak pada bidang keuangan. Buku yang berjudul ”Manajemen Keuangan Fakultas kedokteran” disusun oleh Dr.dr.H.Boy S. Sabarguna,MARS (selaku manajer keuangan FKUI) serta Yulia Widiasari,SE (selaku asisten manajer keuangan FKUI). Dr.dr.H.Boy S. Sabarguna,MAPS kelahiran majalengka, tahun 1958. Menyelesaikan pendidikan dokter umum pada FKUI tahun 1984, lulus Magister Administrasi rumah sakit pascasarjana UI tahun 1999 dan lulus Program dokter Pascasarjana UGM tahun 2001.
Jabatan yang dipegangnya sekarang adalah sebagai Manajer keuangan FKUI, Dosen IKK-FKUI dan Dosen MMR-UGM, juga sebagai konsultan Manajemen rumah sakit. Dalam rangka pengembangan dan penyebarluasan ilmu, terus berusaha membuat buku terutama berkaitan dengan manajemen rumah sakit yang telah mencai 20 buah, juga membuat Decision support system di Bidang manajemen rumah sakit bersama tim yang mencai 9 buah.
Yulia Widiasari,SE, kelahiran Jakarta tahun 1977. Menyelesaikan pendidikan Ekonomi pada universitas persada Indonesia”YAI” tahun 2000, sedang mengikuti Program S-2 magister Managemen. Jabatan yang dipegangnya sekarang sebagai Asisten manager keuangan bidang system Informasi keuangan FKUI.
Pengalaman keduanya selama ini dalam bidang keuangan, terutama keuangan fakultas kedokteran sudah tidak diragukan lagi. Kolaborasi keduanya menghasilkan buku yang sarat akan penerapan dasar-dasar manajemen keuangan. Terutama sekali bagaimana pengelolaan keuangan di FKUI, di mana saat ini UI sendiri tidak lagi mendapat bantuan operasional dari Negara. FKUI sendiri saat ini tetap mempertahankan penerimaan keuangan bersumber dari mahasiswa yang jauh di bawah unit cost per mahasiswa sendiri.
Buku ini terdiri dari 12 bab, di mana setiap babnya membahas mengenai hal-hal yang terkait dalam manajemen fakultas kedokteran. Pada kesempatan ini, Dekan FKUI Dr. Menaldi Rasmin mengatakan : Menuliskan konsep, pemikiran serta pengalaman untuk dapat dimanfaatkan oleh kalangan yang lebih luas merupakan gambaran dari sebuah niat dan ikhtiar yang luhur. Buku ini ditulis berdasarkan pengetahuan serta pengalaman yang diperoleh dalam kariernya selama ini, khususnya saat ini sebagai manager keuangan FKUI Didalam buku buku ini terlihat dengan jelas selain merepkan dasar-dasar managemen keuangan yang menjadi latar belakang ilmu, keterampilan serta kompetensinya juga sarat dengan pengalaman yang terjadi dalam posisinya sebagai Manajer keuangan.
Ini menaik karena UI sendiri pada saat itu tidak lagi mendapatkan bantuan anggaran operasional dari Negara. Maka dikembangkannya prinsip-prinsip keuangan dalam acuan badan hukum milik Negara (BHMN) serta FKUI yang tetap mempertahankan penerimaan keuangan bersumber dari mahasiswa yang jauh di bawah unit cost per mahasiswa sendiri. Dengan demikian penataan keuangan yang mengedepankan efisiensi, skema pengampunan, pemantapan jasa kelembagaan serta ke depan menuju kearah produk berbasis riset akan menjadi tulang punggung system keuangan dan anggaran fakultas.
Penyelenggaraan keuangan dengan cara yang relatif baru ini dengan sendirinya masih memiliki banyak hal untuk di mantapkan, diperbaiki serta di kembangkan. Guna memudahkan pembaca, dibuat diagram dengan aneka warna sehingga tidak membuat jenuh saar membaca. Membuat buku dengan metode bagan sepertinya sudah menjadi ciri Dr.dr.H. Boy S. Sabarguna, MARS. Dimana beberapa buku sebelumnya yang beliau tulis juga banyak menggunakan bagan-bagan.
WASSALAM

Rachmad
Independent
rbacakoran at yahoo dot com

www.rachmadindependent.blogspot.com
www.news-independent.blogspot.com